Search This Blog

Monday, September 2, 2013

Laporan Identifikasi - Yudha Sasi K



Nama              : Yudha Sasi K
Asal Sekolah  : SMK PU NEGERI BANDUNG
Nama PC       : 70


1) Identifikasi Hardware

No
Nama Hardware
Spesifikasi
Merk
Kondisi
Keterangan
1.
Harddisk
ATA 60 GB
Seagate Barracuda 7200.7
Baik
-
2.
Power Supply
ATX 450 W
Mentari Power
Baik
-
3.
RAM
DDR1 1GB
CORSAIR
Baik
-
4.
VGA
128 MB
G-FORCE4 MX 4000-8X
Baik
-
5.
Motherboard
8656-M8
ECS
Baik
-
6.
Processor
Pentium 4
Intel
Baik
-

2) Pengertian dan Fungsi Hardware


 Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
  Fungsi Power Supply dalam komponen komputer sangat vital, karena power supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power Supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi tegangan DC, itu di karenakan hardware di dalam komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.

Harddisk adalah media penyimpanan yang di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam suatu disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas misalnya suatu database suatu instansi.

Fungsi Harddisk
 Sebagai media penyimpanan/storage data secara permanen

Random Access Memory (RAM) adalah suatu alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram memrupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi
     
 Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
Sebagai contoh:
1. Kita akan memainkan music mp3 dari komputer kita, lalu setelah kita buka dengan program winamp atau media lainnya, maka program winamp yang tadinya berada di harddisk, akan di eksekusi di RAM dan dikeluarkan melalui output device, baik melalui speaker (sebagai keluaran suara) ataupun monitor (sebagai tampilan). Jadi mp3 yang tadinya berasal dari harddisk akan disimpan sementara di ram.
2. Kita akan memainkan game atau aplikasi lain, sama perinsipnya dengan yang diatas. Artinya program yang telah terinstall di harddisk akan dipanggil ke RAM dan diekseskusi lalu dikeluarkan sebagai hasil eksekusi tersebut sesuai dengan fungsi dari aplikasinya

Kartu VGA adalah alat yang berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. 

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controlleryang bertugas mengatur lalu lintas data dalamsistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untukprocessor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
          Fungsi Motherboard
* Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang padakomputer
* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsimengatur data komponen komputer lain
* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.
3)   Permasalahan :         
          Systerm Oprasi Rusak dan Monitor Tidak Bekerja
      Perbaikan :
         Mengganti Monitor  dan Melakukan Instal ulang

No comments:

Post a Comment