Search This Blog

Wednesday, July 17, 2013

Tugas 3 Identifikasi - Rizal Gelar Rohmat


Nama Siswa               : Rizal Gelar Rohmat
Asal Sekolah               : SMK PU NEGERI BANDUNG
Nama/Nomer PC        : 26
1.)   Identifikasi Hardware
No.
Nama Hardware
Spesifikasi
Merek
Kondisi
Ket
1.
Processor
Pentium 4 2.80 GHz
Intel
Baik
Baik
2.
Power Supply
ATX 450 watt
E-Pro
Baik
Baik
3.
Motherboard
P4Y8X-X
ASUS
Baik
Baik
4.
Ram(2)
1GB
Corshair
Baik
Baik
5.
VGA
256 Mb
Nividia
Baik
Baik
6.
Harddisk
46 GB
Seagate
Baik
Baik

2.)   Pengertian & Fungsi Harddisk
Processor
merupakan suatu chip komputer dalam bentuk IC (Integrated Circuit), yaitu suatu komponen elektronika dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan sebagainya. Dimana berfungsi sebagai Otak komputer untuk memproses dan mengontrol seluruh kegiatan komputer yang sedang bekerja. Processor bertugas membagi pekerjaan memmproses data keseluruh komponen yang ada pada komputer.
Fungsi
Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse,
keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh
komputer sendiri semacam translator gampangnya.
Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangun suatu sistem
sangat penting. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut, Server, Gaming,
Workstation, Multi Proses, Editing, Administrasi.
Power Supply
adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supplyberupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputerhanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
Fungsi
dalam komponen komputer sangat vital, karena power supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power Supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi tegangan DC, itu di karenakan hardware di dalam komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Pengertian dari power supply adalah sebuah perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang kurang baik/rusak dapat menghasilkan tegangan DC  yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.
Motherboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controlleryang bertugas mengatur lalu lintas data dalamsistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untukprocessor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
Fungsi
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini
Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang padakomputer* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsimengatur data komponen komputer lain* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard
RAM
adalah suatu alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram memrupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi
Fungsi
Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
VGA
VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg di”tancap”kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yang khusus untuk itu. Karena VGA card memiliki prosesor yang mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dengan pipa-pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (heat Sink Fan/HSF).

Fungsi
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.
Harddisk
adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan.Harddisk berisi cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Harddisk ditemukan pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama berukuran 4.4 MB.
Fungsi
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.
Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. Hard disk IDE mempunyai 4 tingkatan kelas, masing-masing Ultra DMA/33, Ultra DMA/66, Ultra/100, dan Ultra DMA/133. DMA singkatan dari Direct Memory Access yang berfungsi untuk meningkatkan transfer data. Maksud Ultra DMA/33 adalah daya transfer rata-ratanya 33 MBps
3.)   Permasalahan
Monitor tidak menyala

Penyelesaian
Mengganti Monitor

No comments:

Post a Comment